Tinjauan Gaya Belajar dan Model Pembelajaran Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa

Penulis

  • Mely Novasari Harahap STAI UISU Pematangsiantar

Kata Kunci:

Gaya Belajar, Metode dan Teknik Pembelajaran, Prestasi Belajar

Abstrak

Tujuan pendelitian ini adalah untuk mengetahui tipe gaya belajar visual, auditori, kinestetik, Read-Write dalam upaya meningkatkan prestasi belajar Pemodelan Perangkat Lunak kelas XI RPL SMK SWASTA ISLAM PROYEK UISU SIANTAR, Gaya belajar sebagai salah satu kunci untuk mengembangkan kinerja dalam pekerjaan, di sekolah dan dalam situasi-situasi antar pribadi. Ketika hal ini dapat dipahami pendidik, selanjutnya pendidik menggunakan metode dan teknik yang tepat dalam upaya meningkatkan prestasi belajar, maka peserta didik dapat menyerap dan mengolah informasi baik dari pendidik atau peserta didik sehingga belajar sangat menyenangkan. Gaya belajar yang berbeda tidak menjadi penghalang untuk menyerap, mengolah dan mengaplikasikan ilmu yang diterima selama proses pembelajaran. Gaya belajar merupakan konsistensi yang ditunjukan individu untuk menyerap, mengatur, mengelola informasi sehingga mudah dalam proses penerimaan, berfikir, mengingat, dan pemecahan masalah dalam menghadapi proses belajar mengajar agar tercapai hasil maksimal sesuai dengan kemampuan, kepribadian, dan sikap peserta didik.

Referensi

Abidin, M. J. Z., Rezaee, A. A., Abdullah, H. N., & Singh, K. K. B. (2011). Learning Styles and Overall Academic Achievement in a SpecificEducational System. Journal of Humanities and Social Science, 1 (10), hlm.143-152.

Bakar, R. (2014). The Effect of Learning Motivation on Students ProductiveCompetencies in Vocational High School, West Sumatra. InternationalJournal of Asian Social Science, 4 (6), hlm. 722-732.

Bire, A. L., Geradus, U., & Bire, J. (2014). Pengaruh Gaya Belajar Visual,Auditorial, dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Peserta didik. JurnalKependidikan, 44 (2), hlm. 168-174.

Chania, Y., Haviz, M., & Sasmita, D. (2016). Hubungan Gaya Belajar denganHasil Belajar Peserta didik pada Pembelajaran Biologi Kelas X SMAN 2 SungaiTarab Kabupaten Tanah Datar. Journal of Sainstek, 8 (1), hlm. 77-84

Damavandi, A. J. (2011). Academic Achievement of Student with DifferentLearning Styles. Journal of Pscychological Studies, 3 (2), hlm. 186-192.

Darmawati, J. (2013). Pengaruh Motivasi Belajar dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Peserta didik SMA Negeri di Kota Tuban. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 1 (1), hlm. 79-90.

Dedi, R., Hendrayana, A. S., Erisyani, E., & Setiana, N. (2016). PengaruhMotivasi Belajar, Gaya B Belajar, dan Kemandirian Belajar Terhadap HasilBelajar Mahapeserta didik S1 PGSD Masukan Sarjana di UPBJJ UT Bandung.Jurnal Pendidikan Dasar, 8 (2), hlm. 163-177.

DePorter, B. & Hernacki, M. (2015). Quantum Learning. Membiasakan BelajarNyaman dan Menyenangkan. Diterjemahkan oleh: Alwiyah Abdurrahman.Bandung: Kaifa.Feldman, R. S. (2012). Pengantar Psikologi-Understanding Psychology. Jakarta: Salemba Humanika.

Guna wan, Adi., 2004. Genius Learning Strategy Petunjuk Proses Mengajar. Jakarta: PT. Gramedia Pus taka Uta ma.

Hakim, T., 2000. Belajar Secara Efek tif. Jakarta: Pusat Pembangunan Swadaya Nu

s antara.

Iska, NZ., 2006. Psik ologi Pengantar Pemahaman Diri dan Lingkunga. Jakarta: Kizi Brother.

Keenan, CW d kk., 2010. Kimia Untuk Universitas. Jakarta: Erlangga.

Lubis, R. N. 2023. Konsep Dasar Pendidikan. https://www.lubis.id/2023/07/gaya-belajar.html, diakses pada Agustus 2023.

Murikhatu, T ., 2010. Hubungan antara Gaya Berfikir Sekuensial Konkrit, Sek uensial Abstrak, Acak Konk rit dan Acak Abstrak dengan Prestasi Belajar Kimia Peserta didik Kelas X Semester 1 SMA Negeri 1 Magelang Tahun Ajaran 2004/2005. Magelang: Faku ltas Kependidikan dan Ilmu Pendidikan

Nas ution, S., 1995. Didak tis Asas-asas Mengajar. Jakarta: PT. Bu mi Aks ara

Nas ution, S., 2009. Berbagai Pendidik an dalam Proses Belajar Mengajar. Jaka rta: PT. Bu mi Aks ara.

Pra mudjono, 2010. Statistik Dasar Aplik asi Untuk Penelitian Edisi Kelima. Sa marinda: Purry Kencana Mandiri

Sabri, A., 2007. Psik ologi Pendidik an Berdasark an Kurik ulum Nasional. Jakarta: Pedo man Ilmu Jaya.

Sadirman A.M, 2010. Interak si dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Gras indo Pers ada.

Sanjaya, W., 2008. Kurik ulum dan Pembelajaran Edisi Pertama. Jakarta: Prenada Media Grup.

Saputra, Rafi., 2009. Psik ologi Islam: Tuntunan Jiwa Manusia Modern Edisi Pertama. Jakarta: PT . Ra ja Gras indo Pers ada.

Satria, E., 2013. Hubungan Motivasi Belajar dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Ak untans i Peserta didik Kelas X jurusan Ak untansi SMK Negeri 1 Kota Jambi . Jamb i: Fa kultas Kependidikan dan Ilmu Pendidikan Un ivers itas Jamb i.

Sudjana, N., 2003. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Jaka rta: Re maja Ros dakarya.

Suprijono, A., 2009. Cooperative Learning Teori & Ap lik asi Paik em. Surabaya: Pus taka Be laja r

Surachman, W., 1986. Metodologi Pengajaran Nasional . Bandung: Jemmars

Sus ilo, 2009. Prinsip dan Teori Dasar Penelitian Pendidik an . Jakarta: Poliyama

W idya Pus taka.

Winkel, WS., 2000. P sik ologi Pengajaran . Jakarta: Gres indo.

Unduhan

Diterbitkan

31-12-2023

Cara Mengutip

Harahap, M. N. (2023). Tinjauan Gaya Belajar dan Model Pembelajaran Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa. MANHAJ: Jurnal Ilmu Pengetahuan, Sosial Budaya Dan Kemasyarakatan, 2(2), 55–67. Diambil dari https://jurnal.staiuisu.ac.id/index.php/manhaj/article/view/21